Jumat, 17 Agustus 2012

Rapat Kerja Nasional [ RAKERNAS ] X

     Pada tanggal 21 januari 2011 tepatnya tahun lalu, kampusku  mengadakan sebuah acara besar  yang di selenggarakan oleh anak-anak ISMAFARSI [ Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia ]. Acara ini yaitu Rapat  Kerja Nasional atau yang lebih kita kenal dengan singkatan[ RaKerNas ] dimana rapat  ini dihadiri oleh mahasiswa/i  seluruh  Universitas Farmasi di indonesia. Seperti ITB, UNPAD, STFB,UNISBA, UNIGA, UGM, UI,UNSOED,UNHAS, UIN, UNHAS, dll.
Kebetulan Rapat ini dilaksanakan di komisariat  STIKes BTH Tasikmalaya, tepatnya di kampus tercintaku.:)
       Di tengah laju perkembangan peradaban manusia yang semakin pesat, kerusakan Bumi, perubahan iklim, bencana alam dan penyakit juga semakin mengkhawatirkan.
Kawasan hutan tropis yang kini hanya tersisa di lima Negara (termasuk Indonesia) secara nyata mengancam ketersediaan vegetasi flora dan fauna yang diperlukan manusia. Kenaikan permukaan air laut yang disebabkan pencairan es di kedua kutub Bumi menyebabkan kerawanan pertahanan dan ketahanan banyak Negara, terutama Negara kepulauan, termasuk Indonesia. Dan pola penyakit menular yang semakin tidak teratur karena perubahan iklim juga merupakan sebuah ancaman nyata bagi peradaban manusia.

Karena itulah kita selaku ISMAFARSI sebagai salah satu Asosiasi Profesi Mahasiswa dalam bidang Farmasi tidak lepas dari tuntutan inovasi dan tantangan globalisasi dalam rangka menegaskan eksistensi dan kontribusi dalam pergerakan mahasiswa seprofesi, ISMAFARSI memerlukan sarana kondusif untuk merumuskan rencana strategis dan langkah taktis program kerjanya.
Maka dari itu kita selaku pribumi meyiapkan tempat yang cocok untuk RAKERNAS ini yaitu di Hotel Mangkubumi Tasikmalaya. Karna selama satu minggu  para delegasi akan menginap di hotel tersebut.

Nah..Yang bikin aku gak nyangka nih ya, aku menjadi panitia dalam acara itu. Wow..padahal  waktu itu aku masih junior lho, masih cupu gak ngerti apa2, ISMAFARSI juga aku belum tau betul seluk beluknya seperti apa, maklum masih anak tingkat satu. Jadi wajarlah..Hehe..
Itu merupakan suatu kebanggaan buatku bisa diajak berpartisipasi dalam  acara yang sebesar ini.
Kebetulan waktu itu aku di pilih jadi divisi konsumsi.  Dalam hati kubilang “Hah..konsumsi..? baru kali ini aku dipilih menjadi tukang ngurus konsumsi, padahal aku belum ada pengalaman masalah milih makanan”.  Karna biasanya setiap acara yang pernah ku ikuti, aku dibagian lain yaitu masalah publikasi.  
Eh..Ternyata  mendekati hari H, aku ditunjuk oleh senior untuk menjadi “LO” .
LO..? apa tuh ya..namanya juga baru dengar, dulu tuh aku gak gaul banget ya sampe LO itu gak tau apaan..hahaa..
LO itu singkatan dari  (liaison officer) tugasnya yaitu menyiapkan semua keperluan artis (presiden atau tamu dari negara lain) sehingga mereka merasa nyaman. LO ini bertanggung jawab terhadap segala kebutuhan artis yang akan tampil di suatu event yang kita selenggarakan. Mulai dari membangunkan artis, menyiapkan transportasi sang artis, mengurus penginapannya, hingga hal-hal lain yang dibutuhkan oleh si artis.
Yah kita anggap delegasi-delegasi dari berbagai daerah/pulau itu sebagai artis yang harus kita layani sebaik-baiknya.
Beruntung banget aku dipilih jadi LO, ^_^ jadi LO tuh  ternyata asik banget, yaa meskipun cape tapi kita bisa kenal akrab sama temen-temen dari sabang sampai merauke.
Acara ini benar-benar telah disiapkan oleh kami dari jauh-jauh hari sebelum hari H malah berbulan-bulan. Karna sebagai tuan rumah kami harus menyambut tamu dengan istimewa kan..Jangan bikin malu.

Banyak kegiatan yang kita lakukan, seperti :

·  Pelantikan BPH Pusat dan Koordinator Wilayah ISMAFARSI periode 2010 – 2012.
Yaitu pengukuhan jajaran pengurus BPH pusat ISMAFARSI beserta koordinator wilayah ISMAFARSI seluruh Indonesia.
·  Rapat Kerja Nasional ISMAFARSI Periode 2010 – 2012.
Terdiri dari sidang pleno, sidang komisi dan sidang paripurna yang berisi pembahasan program kerja ISMAFARSI selama satu periode.
·  Seminar Nasional Kefarmasian dan Workshop.
Seminar dan workshop dalam Rakernas kali ini adalah :
a.  Seminar Nasional “Green Pharmacy”. Seminar ini mengangkat tema Strategi Sehat Di Era Perubahan Iklim, dengan narasumber yaitu :
-   Dr. Armi Susandi, MT (Dewan Nasional Perubahan Iklim, Dosen ITB)
-   Depkes RI
-   Praktisi Farmasi Lingkungan
b. Seminar Nasional “Kupas Tuntas Farmasi Komunitas”, dengan narasumber :
-   Ikatan Apoteker Indonesia
-   Psikolog/Praktisi Farmasi Komunitas
-   Sosiolog
c.  Workshop Nasional “Green Environment”
Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan keranjang sampah takakura, daur ulang kertas, penanaman pohon dan gaya hidup ramah lingkungan.
·  Bakti Sosial dan Pharmacy Ekspo.
Yaitu pengabdian kepada masyarakat berupa pengobatan gratis, pemeriksaan  golongan darah, PHBS yang disertai pameran produk-produk farmasi dan penampilan kesenian tradisional khas Tasikmalaya, kesenian modern serta bazaar ragam produk khas Tasikmalaya dan pasar rakyat.
·  Kampanye Informasi Obat Nasional (KIONAS).
Kegiatan ini berupa penyuluhan dan sosialisasi tentang tata cara penggunaan, penyimpanan dan pembuangan sampah obat yang baik dan benar. Kegiatan ini juga sekaligus merupakan pemecahan rekor MURI kegiatan KIO terbanyak dan terlama yang dilakukan oleh 1000 orang tenaga farmasi.
·  Eksplor Tasikmalaya.
Kegiatan ini berupa kunjungan ke obyek wisata dan sentra kerajinan khas yang terdapat di wilayah Tasikmalaya.

Seminggu yang menyenangkan bersama teman-teman  yang berbeda suku,
Seminggu yang menyenangkan bersama teman-teman  yang berbeda bahasa,
Seminggu yang menyenangkan bersama teman-teman  yang berbeda agama.
Semoga event ini akan mempererat tali silaturahmi kita. :-)

Seminar Nasional "Green Pharmacy"

Nungguin kunci kamar hotel

Iseng berfose. :-D


Salam ISMAFARSI....!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
;