Minggu, 06 Februari 2011

Teori Big Bang

Teori Big Bang ( Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar) dalam kosmologi adalah salah satu teori ilmu pengetahuan yang menjelaskan perkembangan dan bentuk awal dari alam semesta.
Penemuan tersebut membenarkan teori Big Bang, yang menyatakan bahwa sekitar 14 miliar tahun lalu, terbentuknya Alam jagat raya berawal dari satu titik tunggal bervolume nol dan berkerapatan tak terhingga yang padat dan sangat panas membentuk sebuah bola raksasa. Kemudian bola raksasa ini meledak sehingga seluruh materi mengembang karena pengaruh energi ledakan yang sangat besar.








Tahapan terjadinya Dentuman Besar :

1) Setelah terjadi dentuman besar, alam semesta mengembang dengan cepat hingga kira-kira 2000 kali matahari.
2) Sebelum berusia satu detik, semua partikel hadir dalam keseimbangan. Satu detik setelah dentuman, alam semesta membentuk partikel-partikel dasar, yaitu elektron, proton, neutron, dan neutrino pada suhu 10 miliar kelvin.
3) Kira-kira 500 ribu tahun setelah terjadi ledakan, lambat laun alam semesta menjadi
dingin hingga mencapai suhu 3000K. Partikel-partikel dasar membentuk benih kehidupan alam semesta.
4) Gas hidrogen dan helium membentuk kelompok-kelompok gas rapat yang tak teratur. Dalam kelompok-kelompok tersebut mulai terbentuk protogalaksi.
5) Antar satu dan dua miliar tahun setelah terjadinya dentuman besar, protogalaksi-protogalaksi melahirkan bintang-bintang yang lambat laun berkembang menjadi raksasa merah dan supernova yang merupakan bahan baku kelahiran bintang-bintang baru dalam galaksi.
6) Satu di antara miliaran galaksi yang terbentuk adalah galaksi Bimasakti. Di dalam galaksi ini terdapat tata surya kita, dengan matahari adalah bintang yang terdekat dengan bumi.

Dari situlah terbentuknya Alam Semesta.

Berikut adalah Illustrasi dari kejadian Big Bang :





















Allah berfirman :
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya : "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?"
(QS Al-Anbiya' : 30)

3 komentar:

Rosadtea mengatakan...

artikel yang sangat hebat, salam kenal dari Rosadblogger

Reni J.Fuadi mengatakan...

Trimakasih..
slm knl jg..
^_^

Unknown mengatakan...

artikel yang menarik..
salam kenal ya..!

Mau belajar Bisnis Online bersama seorang mentor Internet marketing kaliber dunia asal Indonesia Pak Rudi Setiawan,silakan daftar GRATIS di Blakblakan nanti akan di pandu bagaimana mencari penghasilan di internet bahkan dengan modal nol alias GRATIS. Isikan Nama & email yang valid di http://www.tekanini.com/blak2an

Posting Komentar

 
;